.
RSS

Top 10 Mistakes in Web Design


1. Bad Search
Pada bagian “detik search” tidak dapat mengatasi kesalahan pengetikan. Contoh ketika saya mengetik “ir.soekarn” tidak ada result yang muncul, sedangkan untuk “ir.soekarno” ada sekitar 1000 artikel. Serta tidak dapat mengatasi bentuk jamak seperti “ir.sukarno” dan “ir.soekarno”, sehingga dapat dibilang bahwa web ini memiliki bad search

2. PDF Files for Online Reading
Web ini memberikan tautan atau link yang ujung-ujungnya adalah kita diharuskan mendownload file pdf untuk mengetahui informasi yang kita inginkan, seperti link “part pricelist” “notebook pricelist” dan “system price list”. Padahal sebagai user yang ingin mengetahui langsung informasi yang ada, menjadi tidak nyaman dengan sistem yang seperti ini.

3. Not Changing the Color of Visited Links

Web Portal Indonesia ini tidak memberikan perbedaan atau pergantian warna pada link yang sudah dikunjungi, sehingga users tidak dapat membedakan mana link yang sudah dikunjungi atau belum. Hal ini memungkinkan si user dapat membuka link yang sama berulang kali dan hal ini sangat tidak efektif.

4. Non-Scannable Text
Web ini menyediakan konten-konten web pendidikan (halaman awal) yang cukup banyak dalam tampilan satu halamannya, namun tidak interaktif, membosankan, dan menyakitkan untuk dibaca. Hal ini dikarenakan tampilan yang tidak menarik pengguna dan trik dokumentasi yang kurang baik, seperti tidak ada sub judul, tidak ada daftar bullet, tidak ada penyorotan kata kunci dari tiap penjelasan. Sehingga tampilan teks pada web ini benar-benar datar.

 

5. Fixed Font Size

Web ini memiliki teks yang ukurannya tetap (fixed) karena teks pada weg ini bukanlah teks yang dapat di edit, bahkan teksnya berupa image yang menyatu dengan templatenya.

 

6. Page Titles With Low Search Engine Visibility

Untuk setiap judul window atau tab yang dibuka, web ini memberikan judul yang sama untuk setiap halaman, yaitu “Kementerian…”. Sehingga dalam pelabelannya, akan tampak sama disetiap jendela browser, walupun jendela browser yang kita tampilkan merupakan jendela yang berbeda-beda.Sehingga terjadi kesulitan untuk melakukan perpindahan jendela browser jika label yang muncul dengan kata-kata yang sama. Hal ini sangat mengurangi kegunaan untuk menampilkan multi-windowing bagi pengguna.

 

7. Anything That Looks Like an Advertisement

Web ini memiliki konten-konten yang terlihat seperti iklan. Seperti saat pertama kali kita mengunjungi web ini, akan tampak header web yang seperti iklan. Serta terdapat pula beberapa konten isi web yang dimunculkan layaknya sebuah iklan pop-up, sedangkan konten lainnya seperti terselubung di balik pop-up tersebut. Selubung warna hitam transparan disertai dengan konten-konten berupa pop-up ini benar-benar terlihat seperti iklan. Hal ini dapat membuat user mengira bahwa konten web yang sebenarnya bukan iklan akan dianggap sebagai iklan. Dan dengan tampilan awal yang demikian, dapat membuat user bingung dan malas untuk mengeskplor lebih lanjut isi dari web tersebut.

8. Violating Design Conventions
Terdapat ketidak konsistenan apad tampilan awal dan halaman-halaman isinya. Seperti letak “e! kore” dan “site search” yang berubah-ubah dan tidak konsisten.

9. Opening New Browser Windows
Web ini sebagian besar menu dan link yang kita pilih akan mengakibatkan terbukanya tab atau jendela browser baru dan menuju ke halaman lain. Sehingga tab yang lama akan diabaikan dan membuat layar kita menjadi penuh dengan tab-tab baru yang tida berguna.

10. Not Answering Users' Questions
Web ini hanya menyediakan beberapa kategori-kategori produk seatu yang mereka jual untuk memberikan informasi kepara user, tanpa disediakan fungsi search. Seharusnya fungsi search ada untuk sebuah web ecommerce, tujuannya untuk memudahkan user memperoleh informasi. Sehingga “pertanyaan” dari user dapat dengan mudah “terjawab”. Namun sayangnya pada web ini tidak demikan. Misalnya saja kita ingin mencari sepatu dengan harga 300.000, namun web ini hanya menyediakan clue berupa range harga dari 250.000-355.000. Sehingga kita harus browsing setiap halaman dari hasil pengkategorian unutk mengecek apakah yang kita inginkan ada atau tidak. Serta di web ini, harga tidak di urutkan secara berurut, baik ascending maupun descending, sehingga semakin membuat user bingung. Hal seperti ini tidaklah efektif, karena sistem seperti ini tidaklah menjawab “pertanyaan” user (informasi yang ingin di cari oleh user).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Comments: