.
RSS

Analisis antarmuka pencarian dan hasil pencarian (SERP)





 1. “Provide a box (entryfield) for entering search terms that is at least 35 to 40 characterswide. Users will self-detect more errorswhen they see what they have entered.” (Health and Human Services Dept.,2006)

“The search box islong enough to handle common query lengths.” (Travis, 2011)

Dalamweb kominfo.go.id tersebut hanya dapat memuat sekitar 18-21 karakteruntuk entry field-nya. Keterbatasan ini dapat memunculkan keraguan si userterhadap data atau keyword yang telah ia inputkan, apakah terjadi salahpengetikan atau keyword yang kurang. Sedangkan seharusnya disediakan kotakentry untuk memasukkan istilah pencarian yang setidaknya memuat 35 sampai 40lebar karakter. Sehingga user akandapat mendeteksi sendiri lebih banyak kesalahanterhadap keyword, ketika mereka melihat apa yang mereka telahmasukkan.

Berikutini adalah perbaikan dari search ability yang memenuhi prinsip di atas:

Gambar 1a. Characterswide before


Gambar 1b. Characterswide after


2. The search results page shows the user what was searchedfor and it is easy to edit and resubmit the search. (Travis, 2011)

Di halaman hasil pencarian, tidak ditampilkan kembalikeyword yang sebelumnya user inputkan pada entry field, sehingga user tidakdimungkinkan secara langsung untuk mengedit atau mengirim ulang pencarian. Halini sangat tidak efisien, karena users harus mengetik ulang untuk mengeditkeyword pencarian.

Berikut perbaikan dari kesalahan tersebut:
Gambar 2. Perbaikan edit keyword



3. “Ensure that the results of user searches provide theprecise information being sought, and in a format that matches usersexpectations.” (Health and Human Services Department, 2011)


Search results are clear, useful and ranked by relevance.(Travis, 2011)

Hasil pencarian yangberisi potongan istilahpencarian (keyword) tidakdi highlight. Padahal highlight ini sangat berguna untuk memberikan penandaanagar user bisa menentukan apakah isi hasil pencarian yang muncul sesuai dengankeyword yang mereka inputkan. Serta hasil pencarian pada web ini tidaklah jelaskarakteristik atau format pengurutannya, apakah diurutkan berdasarkan tingkatkepopuleran, tanggal, ukuran file, judul,atau lainnya. Hal itu ditujukan untuk memudahnkan user untuk mencari data.Ketidakjelasan dalam penyorotan (highlight) dan pengurutannya, maka dapatmembuat user merasa frustasi atau bingung karena hasil pencarian yang merekadapatkan tidak memecahkan masalah. Karena seharusnya searhing yang dilakukanuser, dapat memberikan informasi yang tepat dan dalam format yang sesuaiharapan user. Pastikan bahwa hasil pencarian pengguna memberikan informasi yang tepat sedang dicari, dan dalam format yang sesuai harapan pengguna.

Berikutini adalah perbaikan dari kesalahan di atas:

Gambar 3. Highlight dan sortir




4. “The search results page makes it clear how many resultswere retrieved, and the number of results per page can be configured by theuser.” (Travis, 2011)


Pada web tersebut tidak disediakan konfigurasi oleh pengguna untuk menentukan jumlahhasil pencarian per halaman.Halamanhasil pencarian membuat jelas berapa banyak hasil yang diambil, dan jumlahhasil per halaman dapat dikonfigurasi oleh pengguna. Namun pada web ini adakonsistensi jumlah hasil yang ditampilkan atau diambil per halamannya.


Berikut ini adalahperbaikan dari kesalahan di atas:
Gambar 4. Jumlahsorting



5. “If no results are returned, the system offers ideas oroptions for improving the query based on identifiable problems with the user'sinput.” (Travis, 2011) 


The search engine includes templates, examples or hintson how to use it effectively. Provide templates to facilitate the use of searchengines. (Health andHuman Services Dept., 2006)

Apabiladata yang kita cari tidak ditemukan, sistem pada web ini tidak menyediakanpenawaran pilihan untuk meningkatkan query berdasarkan masalah yangdiidentifikasi dari input si user. Sehingga user hanya menerima tampilan kosongatau tanpa hasil.

Berikut ini adalahperbaikan dari kesalahan di atas:

Gambar 5. Page not found




DaftarPustaka

Health and Human Services Department.2006. Research-BasedWeb Design & Usability Guidelines,(U.S: Paperback)
Travis,D. 2011.20 Search Usability Guidelines . http://www.userfocus.co.uk/resources/searchcheck-list.html.[22 Oktober 2011]


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Comments: